Apa Itu Kelompok Kerja Guru (KKG)?
Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah forum profesional yang dibentuk oleh dan unt(uk guru jenjang Sekolah Dasar (SD) guna meningkatkan kompetensi, profesionalisme, dan kualitas pembelajaran. KKG berfungsi sebagai wadah kolaborasi antar-guru untuk saling berbagi pengalaman, menyelesaikan permasalahan pembelajaran, serta merancang kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan. Kegiatan dalam KKG mencakup diskusi, pelatihan, workshop, penyusunan perangkat pembelajaran, hingga kegiatan evaluatif. Dengan prinsip “dari guru, oleh guru, dan untuk guru”, KKG menjadi salah satu pilar penting dalam penguatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
(Sabtu, 24 Mei 2025) Bertempat di SD IT Jamil Islamic Center, Kecamatan Karangrayung, Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kecamatan Karangrayung menyelenggarakan pertemuan rutin bulanan yang diikuti oleh seluruh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dari wilayah Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Bidang Pendidikan Karangrayung.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Agus Heri Susanto selaku Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Karangrayung. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi pelaksanaan pertemuan rutin KKG sebagai sarana peningkatan profesionalisme guru. Ia menekankan pentingnya peran aktif guru dalam setiap forum KKG serta mendorong pelaksanaan program kerja tahunan yang inovatif dan berdampak nyata.
"Guru PAI perlu mengemas pertemuan KKG dengan lebih inovatif. Kegiatan ini harus mampu menghasilkan output konkret seperti peningkatan kualitas administrasi pembelajaran, metode pembelajaran yang kreatif, dan penguatan pembiasaan nilai-nilai agama dan budi pekerti di sekolah," ujarnya.
Pada pertemuan bulan ini, materi utama yang disajikan adalah “Asesmen dan Penilaian dalam Pembelajaran PAI SD”, disampaikan oleh Ibu Yuni Isnaini dari SDN 1 Termas, wilayah Dabin 3 Karangrayung. Para peserta mengikuti sesi ini dengan penuh antusias dan semangat.
Dalam pemaparannya, Ibu Yuni menekankan pentingnya prinsip keadilan dalam penilaian. Seorang guru PAI, menurutnya, harus objektif dan adil dalam memberikan asesmen kepada seluruh peserta didik, tanpa memandang latar belakang atau kemampuan individu semata. Ia juga menegaskan bahwa sebagai guru mata pelajaran (mapel), khususnya PAI, guru harus memastikan tersedianya nilai sumatif yang terdokumentasi dengan baik. Hal ini sangat penting agar tidak menjadi kendala bagi guru kelas dalam proses penyusunan raport peserta didik.
Selain materi inti, forum ini juga menjadi ajang berbagi praktik baik antar-guru serta diskusi mengenai kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaan penilaian di kelas. Diskusi yang konstruktif ini memperkaya wawasan dan memberi solusi praktis bagi para guru dalam meningkatkan kualitas asesmen pembelajaran PAI.
Pertemuan juga dimanfaatkan untuk membahas persiapan Lomba MAPSI SD tingkat Kecamatan Karangrayung tahun 2025. Guru-guru mendiskusikan strategi pembinaan peserta didik dan pembagian tugas untuk menyukseskan kegiatan lomba tersebut.
Melalui forum seperti ini, KKG PAI Kecamatan Karangrayung diharapkan terus menjadi motor penggerak peningkatan kualitas guru, memperkuat jejaring profesional antar-sejawat, dan memberikan kontribusi nyata dalam membangun pendidikan agama yang berkualitas dan berkarakter di tingkat sekolah dasar.
Posting Komentar